Senin, Maret 30, 2009

Eagle Awards Documentary Competition 2009

Eagle Awards adalah sebuah program pelatihan, produksi dan kompetisi dokumenter yang ditujukan bagi pemula (19-30 thn, belum pernah menjuarai kompetisi dokumenter tingkat nasional/internasional). Salah satu tujuan diadakannya eagle awards adalah untuk mendorong kemajuan industri film dokumenter Indonesia dengan menghasilkan sineas muda dokumenter. Ini adalah tahun ke 5 diadakannya Eagle Awards sejak tahun 2005. Pada tahun ke 5 ini Eagle Awards mengangkat tema “Indonesia Kreatif”.

Hal-hal yang termasuk dalam “Indonesia Kreatif” adalah segala bentuk kreatifitas individu atau kelompok yang memberikan nilai lebih terhadap diri mereka sendiri dan masyarakat luas. Bentuk kreatifitas itu bisa saja di bidang film, musik, fashion, teater, art performance, seni instalasi, kerajinan tangan, tari, design grafis, local wisdom dan lainnya.


Kini, yang dibutuhkan adalah kreatifitas dalam mengelaborasi tema “Indonesia Kreatif” menjadi sebuah ide cerita yang fokus, mempunyai sudut pandang yang unik dan tegas, serta mampu memberikan isnpirasi yang konstrukstif kepada masyarakat luas. Untuk itu, sebelum mengelaborasi tema ini menjadi sebuah ide cerita yang fokus maka lakukanlah riset yang menghasilkan sebuah data dan fakta yang valid. Data dan fakta yang mendukung kebutuhan ide cerita. Harus diingat, bahwa “nyawa” dalam pembuatan film dokumenter adalah data dan fakta bukan asumsi.

Cara untuk mengikuti Eagle Awards cukup dengan mengisi dan mengirimkan form proposal yang dapat diperoleh di www.eagleawards-doc.com. Form proposal ini baru bisa di download pada tanggal 12 april 2009. Form proposal ini diterima oleh panitia paling lambat tanggal 25 mei 2009 pukul 18.00 WIB.

Saya berharap teman-teman semua dapat menyebarluaskan informasi ini kepada teman-teman anda atau networking anda lainnnya, khususnya yang mempunyai minat terhadap film dokumenter. Dengan bantuan anda menyebarkluaskan informasi ini maka makin terbuka lebar kesempatan bagi semua individu untuk belajar film dokumenter dan menjadi pembuat film dokumenter melalui Eagle Awards Documentary Competition.

Salam Dokumenter

Fajrian
Produser/Program Coordinator
Metro TV-Eagle Awards
Jl.Pilar Mas Raya Kav A-D
Kedoya, Kebon Jeruk
Jakarta, Indonesia 11520
T :+62 21 58300077.Ext 22034
www.eagleawards-doc.com
eagleawards@metrotvnews.com
fajrian@metrotvnews.com

Sumber : http://jurnalkomunikasi.com/?p=855

Tidak ada komentar:

Posting Komentar