Selasa, Januari 12, 2010

Tips kemampuan untuk berkomunikasi dan presentasi

Berkomunikasi atau melakukan presentasi dengan baik adalah salah satu hal yang sering dituntut dalam dunia kerja dan bahkan hampir di semua kehidupan kita. Sebagian dari kita belum menyadari bahwa melakukan komunikasi atau presentasi yang baik menentukan hasil dari sasaran yang kita inginkan. Fakta yang saya temukan dilapangan, bahwa berkomunikasi atau presentasi dengan baik sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah mudah, namun pelakunya menganggap bahwa hal itu sulit sekali dilakukan. Terutama bila dilakukan didepan orang yang dianggap memiliki derajat yang lebih tinggi dari kita seperti atasan di kantor, cliend, Guru, Dosen, Pak RT/RW, lurah, Orang Tua, bahkan didepan teman-teman sendiri.

Bagaimanakan caranya agar kita dapat meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi atau presentasi. Berikut adalah tips dari saya mengenai "kemampuan untuk berkomunnikasi dan presentasi", agar komunikasi dan presentasi kita sesuai dengan harapan.


1. Sediakan 1 Sendok makan "percaya diri"
Dalam melakukan komunikasi atau presentasi yang baik, diperlukan kepercayaan diri yang tinggi. Selalu anamkan rasa percaya diri bahwa anda bisa melakukannya sebelum anda memulai komunikasi atau presentasi tersebut. Ini juga akan membantu anda dalam menangani masalah kegelisahan atau nerves anda. Sehingga kata-kata eemmm... pa..paaa..pada dasarnya... (gugup) tidak terjadi...

2. Ambil 1 Genggam "informasi mengenai sasaran"
sebelum melakukan komunikasi dan presentasi kita memerlukan informasi sebanyak-banyaknya mengenai tujuan dari komunikasi atau presentasi yang kita lakukan. Tujuannya adalah agar kita selalu fokus terhadat sasaran atau tujuan awal dari komunikasi atau presentasi yang kita lakukan. Ini akan menjadi nilai tambah untuk anda, karena komunikasi atau presentasi yang anda lakukan tetap fokus dan tidak lari dari sasaran awal.

3. Gunakan 1 Sendok makan "sopan santun dan tutur bahasa"
Sopan santun dan tutur bahasa yang baik juga sangat mentukan hasil dari komunikasi atau presentasi yang anda lakukan. Bersikaplah sewajarnya pada saat anda melakukan komunikasi atau presentasi, selalu gunakan bahasa yang baik dan mudah di mengerti oleh pendengar anda. Selain itu tata keramah (sopan santun) dan penggunaan bahasa harus di sesuaikan pada tempat, kondisi, dan juga lawan bicara anda. sebagai contoh : jangan sekali-kali anda menggunakan kata-kata asing atau kata yang memiliki makna banyak bila anda sedang berkomunikasi atau presentasi dengan orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan yang rendah. hal ini akan menimbulkan kesalah pahaman dalam memaknai kata2 tersebut.

4. Siapkan 1 mangkuk penuh pengetahuan "tentang apa yang akan disampaikan"
Segala hal yang berhubungan dengan isi materi yang akan anda komunikasikan atau presentasikan akan menentukan menarik atau tidaknya sebuah komunikasi dan presentasi yang anda lakukan. Oleh sebab itu pengetahuan mengenai apa yang akan disampaikan dalam berkomunikasi atau presentasi sangat diperlukan. Keuntungan dari hal tersebut adalah kita dapat membuat menarik komunikasi atau presentasi tersebut. Selain itu, pada saat timbul pertanyaan tentunya kita dapat menjawabnya dengan sangat mudah.

Demikian tips dari saya mengenai cara meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan presentasi. Semoga tips ini dapat membantu anda menuju kesuksesan... SALAM MOTIVASI sobat...!

1 komentar: